RSS

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot



Ditulis Pada Hari Selasa, 15 May 2012 | 06:58

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot ---Blogspot atau blogger merupakan aplikasi blog gratis pertama yang pernah ada. Blogspot juga merupakan salah satu layanan google yang gratis untuk membuat blog. Selain itu, blogspot juga memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam menciptakan sebuah blog untuk berbagai keperluan. Dari blog pribadi hingga blog yang dibuat dengan tujuan bisnis sekalipun tetap diakomodasi dengan baik oleh blogspot. Wajar saja jika blogspot merupakan aplikasi blog yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

Untuk membuat Blog Gratis di Blogspot, setidaknya dibutuhkan dua tahap hingga bisa menciptakan sebuah blog, yaitu:
  • Membuat sebuah akun di blogger atau blogspot.
  • Membuat blog itu sendiri di akun blogspot yang sudah dibuat.
Cara membuat Akun Blogspot (Blogger)
  1. Silahkan kunjungi halaman www.blogger.com/start?hl=id yang akan menghantarkan Anda kehalaman depan blogger atau blogspot untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum bisa membuat Blog Gratis di Blogspot.
  2. Pada halaman depan blogspot tersebut ada tiga tempat untuk menuju proses pembuatan akun ataupun blog gratis nantinya. Bisa mengklik daftar pada pojok kanan atas
    Cara Membuat Blog di Blogspot
    atau dengan mengklik memulai diatas deretan contoh template.
    Cara Membuat Blog di Blogspot
    Namun dalam tutorial blogspot kali ini, direkomendasikan untuk memulai membuat sebuah blog Gratis di Blogspot melalui kotak masuk email dan password. Untuk itu, pastikan dulu Anda sudah membuat sebuah akun email di gmail. Jika belum, silahkan untuk membuat email seperti pada postingan tentang Cara Membuat Email di Gmail.

    Jika sudah membuat email di gmail, maka tinggal masukkan alamat email di kolom email dan masukkan password email di tempat yang tersedia. Lalu klik "Masuk".
    Cara Membuat Blog di Blogspot
  3. Maka tampilan selanjutnya akan seperti berikut:
    Cara Membuat Blog di Blogspot
  4. Melengkapi isian seperti tertera pada gambar diatas:
    • Nama Tampilan: Nama tampilan ini adalah sekaligus sebagai nama Anda sebagai penulis Blog. Pada contoh gambar diatas, nama tampilan Andrean Wildan sekaligus akan menjadi nama akun blog.
    • Jenis Kelamin: Isi dengan jenis kelamin Anda.
    • Penerima Persyaratan: Centang Saya menerima Persyaratan dan Layanan. Jika sudah, klik "Lanjutkan".
  5. Hingga tahap ini, pembuatan akun blog gratis di blogspot dengan judul Akun Blog Andrean Wildan sudah selesai dibuat.
    Cara Membuat Blog di Blogspot
    Namun, jika ada penawaran untuk menyambungkan profil akun blog Anda ke Google+ seperti gambar diatas, maka direkomendasikan untuk melakukan sinkronisasi. Klik "Memulai".
  6. Tampilan selanjutnya adalah seperti berikut:
    Cara Membuat Blog di Blogspot
    Yang perlu Anda lakukan jika sudah membaca dan memahami pentingnya penyambungan ke profil Google+ adalah dengan mencentang persetujuan peralihan dan klik "Beralih Sekarang Juga".
    Cara Membuat Blog di Blogspot
  7. Anda diminta untuk memasukkan sandi email di gmail sebagai verifikasi peralihan ke Google+.
    Cara Membuat Blog di Blogspot
  8. Sekarang tampak akun blogspot Anda sudah ada foto profilnya seperti foto profil saat membuat email di Gmail sebelumnya. Foto tersebut akan selalu tampil disetiap layanan google yang kita gunakan dengan menggunakan akun email di gmail yang kita buat.
    Cara Membuat Blog di Blogspot
Selesai sudah tahap pembuatan akun blogger atau akun blogspot Anda. Selanjutnya mulai memasuki tahap cara membuat blog gratis di blogspot.

Cara Membuat Blog di Blogspot
Setelah Anda memiliki akun di blogspot, berarti sekarang Anda sudah bisa membuat blog di blogspot secara gratis. Hanya dengan menggunakan sebuah akun di blogspot ini, Anda tidak hanya bisa membuat blog gratis sebanyak satu buah, tapi bisa membuat beberapa blog yang kamu suka. Bisa blog personal yang berisi curhatan atau apa kumpulan celoteh Anda hingga blog dengan tema tertentu secam hobby yang Anda suka. Bahkan dalam tingkat lanjut, hanya dengan membuat blog gratis di blogspot, orang bisa berpenghasilan jutaan rupiah perbulan.

Berikut Cara Membuat Blog di Blogspot:
  1. Klik "Blog Baru" seperti pada gambar terakhir diatas.
  2. Setelah itu Anda akan mendapat tampilan untuk mengisi judul blog, alamat blog dan pilihan template (Tampilan Blog). Pada judul blog, Anda bebas mengisi dengan judul apa saja yang merujuk kepada isi blog Anda nantinya. Bisa blog personal, pendidikan, hobby, tutorial dan lainnya yang sesuai dengan isi yang ingin Anda tulis didalamnya.

    Pada pilihan alamat blog, ini perlu juga diperhatikan karena alamat blog inilah yang akan kita bagikan kepada umum agar bisa masuk ke blog kita. Untuk itu, carilah nama alamat blog yang juga sesuai dengan isi dan judul blog kamu. Namun terkatang nama alamat blog ini sudah dimiliki oleh orang lain. Dan jika alamat tersebut sudah ada di internet, maka tampilan akan seperti gambar dibawah saat diisi dengan nama alamat tersebut:
    Cara Membuat Blog di Blogspot
    Dan jika alamat yang kita masukkan unik atau belum ada di internet, maka tampilannya seperti berikut:
    Cara Membuat Blog di Blogspot
    Selanjutnya adalah memilih template atau tampilan blog. Dalam contoh ini memilih template "Picture Window". Lalu klik "Buat Blog!"
    Cara Membuat Blog di Blogspot
  3. Blog selesai dibuat. Selanjutnya tinggal mengisi blog tersebut dengan tulisan, gambar, video ataupun lainnya yang Anda inginkan.
    Cara Membuat Blog di Blogspot
  4. Dan ini tampilan blognya sebelum diisi dengan konten apapun. Baik tulisan, gambar, video atau lainnya.
    Cara Membuat Blog di Blogspot
Demikianlah cara membuat blog gratis di blogspot. Selanjutnya kita akan membahas cara membuat postingan di blogspot. Moga bermanfaat and happy blogging!
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar